Advertisement

Tips Mencegah Komputer Terinfeksi Virus dari Removable Drive


Sering kali anda dibuat kesal ketika memasukan flashdisk atau hardisk eksternal ke komputer atau laptop anda tiba-tiba saja komputer yang anda gunakan terasa lambat, program tidak berjalan sebagaimana mestinya atau dokumen anda menghilang. Bisa jadi ketika anda memasukan flashdisk ada virus yang masuk ke komputer anda karna saat ini flash disk dan removable device lainnya menjadi sarana yang amat efektif untuk menyebarkan virus. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir penyebaran virus melalui removable drive.

1. Matikan Autoplay drive
Windows XP Pro.
klik start-Run and ketik “gpedit.msc” enter.
klik group policy-user configuration-administrative templates system klik 2 kali turn off autoplay. klik enable.
Windows Xp Home.
karena windows Xp home tidak ada gpeditnya. jd pke software tweakUI.
masuk ke my computer-autoplay-types. uncheck (hilangin) dua2anya.


2. Disable Script.
Berguna untuk mencegah script virus menginfeksi komputer anda. program dari norton ini mendisable classes JSESCRIPT, JSFSCRIPT, VBSSCRIPT, VBESCRIPT, WSFFile, WSHFile beserta asosiasi dan handlernya (thanks buat dexlip atas penjelasanya di forum ansav).



3. Buat file autorun.inf yang tidak bisa dihapus.
menggunakan makesuperdir.vbs buatan pepuluan.
Jalankan makesuperdir.vbs kemudian ketik Drive yang ingin diproteksi.


4. Nonaktifkan Hide exstensions for known file type dari folder option.
Dan set view folder anda menjadi details. agar ketahuan mana file-file yang benar -benar dokumen dan mana file-file yang hanya menyamar sebagai icon dokumen.
Cara lain adalah mengganti icon dokumen anda menjadi icon yang unik.
klik tools-folder option-file type-pilih DOC-advance-change icon-pilih icon yang unik yang lain daripada icon doc default. Jadi anda akan tau mana file doc yang asli dengan icon baru dan mana file virus yang menyamar dengan icon microsoft word. Lakukan hal yang sama pada file excel dan file yang sering dijadikan penyamaran oleh virus.

5. Gunakan FD Guard
Software ini untuk mencegah file-file virus menginfeksi komputer anda ketika memasukan flashdisk ke dalam komputer dengan cara merename file" .Exe .Scr .Bat .Com .Vbs menjadi .Ex_ .Sc_ .Ba_ .Co_ .Vb_ jadi sebelum sempat menularkan file virusnya udah mati suri duluan. Selain itu dengan software ini otomatis semua file yang terhidden karna virus di dalam removable drive anda akan kembali normal.
Program ini aktif ditunjukan dengan tulisan GAR di kanan atas layar. Ketika anda memasukan flashdisk secara otomatis keluar command promt dengan judul attrib. Biarkan saja sampai selesai.

Kekurangan. Cuma mengecek root drive tidak sampe folder dan kadang suka crash.
Program ini juga ngerubah program .Exe yang di root drive walau bukan virus. tapi bisa dikembalikan dengan merename .Ex_ jadi .Exe
Jadi saran saya pindahkan software yang di root drive ke dalam folder biar gak kena juga.
Baca Comment.txt untuk panduan penggunaan.

Download KIT
Code:
http://www.4*shared.com/file/103744764/c1e9dafb/Mencegah_Penularan_VIrus_Dari_Removable_Drive.html