Advertisement

Random8: Worm Pembuat Shortcut

Random8
Random8.
Salah satu worm yang paling banyak beredar di masyarakat saat ini. Worm ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic tanpa di-pack dan memiliki icon standar aplikasi Visual Basic. Walaupun varian-varian yang ditemukan sampai saat ini tidak menunjukkan payload yang destruktif, tetapi munculnya varian-varian baru dan penyebarannya yang cepat perlu diwaspadai.

Random8 memiliki kemampuan polymorphic untuk mengacak tubuhnya, berbagai antivirus mengenalinya dengan nama yang beragam, seperti Poly.Agent, VB-PTV, Vobfus, Worm.VB.NZJ, dan lain-lain
Random8 memanfaatkan removable disk sebagai metode penyebarannya, waspadai jika removable disk Anda memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Semua folder di-hidden.
  • Banyak file shortcut dengan nama folder yang di-hidden dan menambahkan shortcut dengan nama Documents, Music, New Folder, Passwords, Pictures, dan Video.
  • Terdapat 4 (empat) file dengan attribut Hidden, System dan Read Only yaitu : Autorun.inf, dua file *.exe dengan nama acak dan 1 file dengan tipe Dinamic Link Library (.dll). Varian tertentu juga membuat file dengan nama x.exe.
  • Semua shortcut yang di buat mengarah pada file worm yang berekstensi *.scr.
  • Beberapa varian mengubah icon removable disk menjadi icon Folder.
Pada varian lain di temukan bahwa worm ini membuat banyak shortcut pada falshdisk dengan nama terdiri dari 3 karakter. Setelah worm ini aktif di memory, ia akan membuat 2 file dengan nama acak pada direktori C:\Documents and Settings\[nama user]\[nama acak].exe, terlihat seperti pada gambar:
Random8