Advertisement

Riau Bangun Jembatan ke Malaysia

Gubernur Riau Rusli Zainal optimis provinsinya menjadi salah satu pintu gerbang internasional di wilayah barat Indonesia. Hal ini terkait rencana pengembangan jembatan Selat Malaka yang akan menjulur hingga ke Malaysia. Proyek ini sendiri direncanakan akan dibangun bekerja sama dengan Pemerintah Malaysia.
  
"Secara ekonomi global banyak pengaruh positif yang dapat diperoleh dari pengembangan jembatan Selat Malaka. Ini merupakan bagian yang penting. Pengembangan akses infrastruktur menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," ujar Rusli Zainal kepada VIVAnews, Selasa 11 Oktober 2011.
  
Rusli menuturkan Pemerintah Provinsi Riau telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menyegerakan proyek ini. Sejauh ini, proyek ini telah masuk dalam prioritas pembangunan nasional pada pertemuan gubernur se-Sumatera beberapa waktu lalu. Juga, telah dilaporkan kepada Presiden.
 
DPD juga mendukung proyek ini segera dijalankan. Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan dalam waktu dekat dia akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum RI dan instansi terkait dalam merealisasikan proyek ini.

"DPD siap mendorong upaya tersebut. Pengembangan jembatan Selat Malaka dapat menjadi jendela dalam pengembangan sektor ekonomi di Riau," ujarnya. "DPD optimis karena jika ini dapat direalisasikan, yang mendapat imbasnya adalah masyarakat dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi." (Laporan: Ali Azumar, Riau