Advertisement

Istilah dari Dunia Jaringan


Untuk diketahui saja, bahwa jaringan internet telah memadai dan sangat pesat perkembangannya. Dalam sebuah jaringan juga memiliki istilah untuk dipahami. Telah beberapa tahun ini, banyak istilah perkembangan teknologi jaringan seperti ADSL, Dial Up Networking, Backbone, ISP dan System Administrator.

Istilah apakah di atas yang dimaksud. Ini definisinya.
ADSL
Sebutan itu untuk mentransfer data digital pada bandwidth pada jalur telepon biasa. Koneksi ini menyediakan downstream sekitar 512 Kbps sampai dengan 9 Mbps. Sedangkan untuk upstream biasanya maksimum sekitar 800 Kbps.
Backbone
Jangan dikira artinya adalah tulang belakang untuk manusia. Tetapi istilah ini yang dimaksud adalah jalur utama pada jaringan computer. Backbone ini adalah inti atau pusat dari internet. Ada benarnya juga istilah ini digunakan karena seperti halnya tulang punggung yang membawa informasi dari tulang punggung yang mengalir ke otak dan selanjutnya ke tubuh.
Dial Up
Jenis komunikasi yang dimaksud adalah cara jaringan menuju akses internet atau dari computer ke computer lain melalui modem dan saluran telepon biasa. Biasanya yang menggunakan ini dengan ISP.
ISP
Kepanjangannya yaitu internet service provider. Maksudnya adalah penyedia layanan untuk koneksi internet. Ini biasanya diperoleh dari perusahaan atau lembaga penyedia jasa internet. Jalur ISP ini menuju ke arah backbone karena jalur utama dalam memasuki akses dunia maya.
System Administrator
Biasanya disebut admin. Ini sangat mantap bagi pengguna yang memiliki akses full karena bisa mengontrol dan mengatur sebuah jaringan atau dalam dunia web. Install, menguninstall, atau menambahkan sesuatu yang diinginkan ke end user.
Dari penjelasan di atas bisa bermanfaat.

This entry was posted in